Sabtu, 14 Maret 2015

PANTAI MODANGAN, KEINDAHAN ALAMNYA BAK HAWAII


        Kota Malang dikenal menyimpan banyak pantai yang indah. Pantai-pantai eksotik itu membentang mulai dari perbatasan dengan Blitar hingga perbatasan dengan Lumajang.  Malang terletak pada 112o 35’ sampai 112o57’ Bujur Timur 7o44’55” sampai 8o26’35” Lintang Selatan. Banyaknya pesisir di wilayah tersebut, menyebabkan Kabupaten Malang pun dijuluki sebagai ‘kota seribu pantai’. Salah satu pantai di kota apel yang menawarkan keindahan nan alami yaitu Pantai Modangan.
            Pantai Modangan merupakan sebuah pantai di pesisir sebelah selatan Pulau Jawa secara administratif masuk daerah Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, merupakan pantai paling ujung selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Pantai ini terletak di sekitar 65 km sebelah barat daya Kota Malang. Di pantai ini tempat bermuara sungai yang menjadi batas yang memisahkan antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang.
             Pantai ini dikenal sebagai Hawainya malang karena pantai ini menyerupai ciri khas pantai Kepulauan Hawai. Pantai Modangan dikenal sebagai Hawai karena terdapat tebing dan bukit yang melingkari garis bibir pantai Modangan. Tak ayal pantai tersebut juga dikenal sebagai Hawai di kabupaten Malang. Terlebih jika panorama Modangan diabadikan dalam bentuk foto yang diambil dari atas, maka akan jelas tampak seperti kepulauan Hawai.

pantai modangan yang tampak seperti hawaii
sumber : pantaiindonesia.net
           Pantai Modangan meyajikan keindahan panorama pantai yang masih alami, asri dan sangat bersih. Hal ini dikarenakan Pantai Modangan masih belum banyak tersentuh tangan manusia. Walaupun tergolong sebagai Pantai Selatan, namun pantai Modangan tidak banyak batuan karang yang tersebar di tengah maupun di bibir pantai sebagaimana ciri dari pantai selatan. Batuan di pantai tersebut memiliki motif kotak-kotak dan bertekstur menonjol dan garis-garis. Batuannya lebih mirip seperti batuan andesit berlapis.  Bebatuan tersebut konon merupakan bentukan dari lahar gunung berapi yang telah membeku. Batu-batu tersebut hanya terdapat di bagian tepi, dekat bukit ladang warga dan pada sudut bibir pantai. Ombaknya bergulung sangat besar dan cocok untuk surfing. Sesekali gulungan ombak terhempas ke batuan andesit sehingga menciptakan semburan air pantai yang cukup tinggi  dan turun menjadi titik-titik air. Pantai ini memiliki struktur yang termasuk kedalam pantai landai dengan hamparan pasir putihnya.


Struktur batuan andesit pantai modangan
sumber : indoturs.com
Image result for PANTAI MODANGAn
ombak pantai modangan
sumber : https://doliphoto.wordpress.com/2012/04/23/panorama-pantai-modangan/
              Pantai Modangan menyuguhkan potensi lain, yaitu kesuburan tanah di sekitar Pantai. Hal ini terbukti di sepanjang perjalanan  menuju pantai, kanan kiri kami berhamparan ladang jagung, ketela pohon dan tumbuhan umbi lainnya.  Inilah yang membuat sebagian besar warga Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo tersebut sebagian besar warganya menggantungkan hidupnya dengan bercocok tanam.
Terdapat pula sungai kecil di sekitaran pantai. Sungai yang oleh warga sekitar dinamakan Sungai Modangan tersebut biasa digunakan untuk irigasi ladang-ladang warga. Sungai yang masih penuh dengan batu-batu sebesar tubuh sapi tersebut bermuara akhir di Pantai Modangan.
Saat air pantai surut, pemandangan batu-batu karang akan terlihat dan semakin memperindah pantai ini. Pada ujung pantai juga terdapat tebing-tebing yang menjulang dengan kokohnya, biasanya masyarakat memancing ikan dari tebing-tebing tersebut.
sumber : https://doliphoto.wordpress.com/2012/04/23/panorama-pantai-modangan/
Keistimewaan lain dari Pantai Modangan ini adalah sering dijadikan tempat untuk menentukan awal puasa dengan melihat posisi bulan atau yang sering disebut hilal. Di sekitar areal pantai terdapat pula perbukitan yang biasa digunakan sebagai tempat berlatih Korps BRIMOB. Medan Pantai Modangan yang berupa kontur berbatu Cadas juga dimanfaatkan pengunjung untuk olah raga pemacu adrenalin, seperti motor cross.
debur ombak pantai modangan
sumber : pasirpantai.com

Sumber :

(39843)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar